Alat-Alat Pembuatan Furniture yang Dipakai Pengrajin Jepara

Proses pembuatan furniture memang melalui proses yang panjang dari mulai pohon kayu yang ditebang lalu di gergaji menjadi papan kayu jati yang tebalnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk itulah sebuah produk furniture kayu membutuhkan waktu yang lama dalam proses perakitannya sehingga termasuk kerajinan kayu yang memiliki nilai seni.

Dijepara sendiri pengrajin kebanyakan handmade sehingga proses pembuatannya secara tradisional dengan dibantu alat produksi mesin yang tidak banyak, tapi karena keahlian yang dimiliki oleh tukang kayu sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan kuat serta tahan lama untuk anda gunakan dalam jangka panjang.

Berikut kami berikan informasi alat mesin apa saja yang dipakai oleh pengrajin jepara khususnya yang dalam memproduksinya secara manual.

1. gergaji piring

Alat ini penting karena sebagai pemotongan berbagai papan dari yang kecil sampai yang besar sehingga di jepara sendiri gergaji piringan menjadi sebuah alat yang wajib ada disetiap pengrajin mebel kayu. Gergaji ini banyak fungsi seperti memotong, membuat purus dan juga membuat lubang untuk tempat papan kayu.

2. serut mesin

Yang kedua yang wajib dimiliki adalah serut mesin, kalau tidak punya alat ini ya tidak bisa bekerja, karena serut berfungsi untuk menghaluskan papan kayu yang kasar agar halus, meratakan papan bekas sambungan, dan untuk menyambung kayu antar papan, ini khusus yang sudah ahli dalam penyambungan menggunakan serut.

3. bor dan profil

Yang ketiga adalah bor dan profil, untuk bor digunakan sebagai alat melubangi dan membuat tempat baut atau sekrup. Untuk profil membuat motif dan membuat tempat papan tipis agar bisa masuk serta hasilnya menjadi maksimal dan rapi, serta masih banyak kegunaan lainnya yang kalau dijelaskan bakal panjang.

4. gergaji bobok

Gergaji yang satu ini dibuat untuk membentuk pola melengkung sehingga lebih mudah dalam pembentukannya, seperti membuat motif ukiran di ornamen mebel kayu membutuhkan gergaji bobok yang satu ini.

5. palu, siku, meteran dan juga pahat

Yang terakhir adalah alat bantu untuk mengukur, memalu dan lain sebagainya sesuai yang dibutuhkan, itulah kenapa alat alat ini sangat penting bagi keberlangsungan perakitan mebel di pengrajin kayu di kota jepara.

 

Semoga artikel ini membantu dan menambah pengetahuan, produk Mebel Jepara memang dibuat secara handmade untuk sebagian besar, namun kualitas dan kontruksi sudah tidak perlu diragukan lagi ketahanan dan jangka panjangnya.