Inilah Faktor Dibalik Paket Internet Cepat Raib!

Pemakaian kuota internet yang terlalu lama kadang kala membuat kita terlena, sampai tidak menyadari bahwa menjadikan paket internet cepat menghilang. Oleh karenanya kamu harus mengetahui faktor apa saja yang membuat kuota jadi lebih boros.

Jika tidak cepat diatasi, bukan tidak mungkin pengeluaranmu jadi berlebih karena terlalu sering beli kuota. Pada dasarnya, borosnya kuota tersebut terjadi karena adanya aktivitas-aktivitas yang membuat penggunanya tidak sadar mengakibatkan pemakaian kuota yang berlebih. Dalam kondisi tersebut, mau tidak mau kamu akan menerima kalau kuota yang kamu miliki sudah habis.

Lalu apa saja faktor-faktor yang membuat pemakaian pulsa internet jadi lebih boros? Nah, kami sudah merangkum beberapa alasan dibalik cepat habisnya pulsa internet. Untuk mengetahuinya, simaklah pembahasan singkatnya berikut ini!

3 Faktor Penggunaan Paket Internet Cepat Raib

Sinkronisasi otomatis

Penyebab borosnya kuota satu ini sering terjadi pada ponsel keluaran terbaru. Hal itu karena di dalamnya mempunyai fitur bawaan yang bernama sinkronisasi otomatis, di mana fitur ini sudah menyala otomatis.

Fungsi dari fitur ini yaitu untuk mensinkronisasikan berbagai macam data di server ponsel, seperti video ataupun foto.

Pada dasarnya fitur ini terbilang sangat penting. Karena dengan adanya fitur ini, data-data di ponselmu akan tetap terjaga dengan aman jika terjadi hal yang buruk, contohnya handphone menghilang.

Dalam proses sinkronisasi ini tentu saja memakan banyak kuota. Karena data-data yang disinkronkan tersebut mencakup semua data di dalam ponsel, entah itu penting ataupun tidak penting.

Supaya pemakaian kuota tidak boros, sebaiknya matikan fitur tersebut pada menu Setting. Apabila sudah mati, kamu dapat menentukan data apa saja yang sekiranya penting sebagai cadangan pada server.

Tidak mengecek pemakaian kuota

Apabila kamu menyalakan data internetnya, jaringan internet secara langsung akan terbuka. Dengan kata lain, Walaupun tidak sedang memakai ponsel dan data tetap menyala, kuotamu tetap saja akan terpakai.

Hal itulah yang mengharuskan kamu untuk selalu rutin mengecek penggunaan kuota. Cara untuk mengeceknya pun berbeda-beda, karena setiap brand mempunyai fitur masing-masing untuk melihat kuota yang dipakai.

Streaming dan pemakaian sosial media

Kebiasaan streaming musik ataupun video memang hal yang sangat lumrah. Karena itu adalah hiburan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Padahal tanpa disadari, kegiatan ini bisa memakan kuota internet yang cukup besar. Jadi tidak begitu heran, saat kamu keseringan memakai aplikasi streaming kuota internetmu akan cepat habis.

Selain itu pemakaian sosial media yang terlalu sering bisa membuat kuota cepat raib. Instagram adalah salah satu sosial media yang penggunaan kuotanya cukup boros. Berbagai video, Instastory, maupun foto yang dilihat tersebut akan sangat mudah memakan kuotamu.

 

Pada dasarnya masih banyak faktor-faktor yang membuat paket internet cepat habis. Untuk itu penting untuk kita memperhatikan hal-hal di atas guna menghemat kuota yang dimiliki. Semoga membantu.