Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa yang Wajib Kamu Coba!

Keripik singkong ialah cemilan yang banyak digemari. Potensi pasarnya cukup baik sebab disukai oleh berbagai kalangan. Usaha keripik singkong juga masuk ke dalam kategori bisnis yang dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

Apalagi kini usaha keripik singkong aneka rasa semakin mudah untuk melakukan inovasi. Oleh karena itu, usaha keripik singkong aneka rasa ini menjadi salah satu usaha yang berpeluang besar untuk kesuksesan bisnis kamu.

 

Kelebihan Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

Berikut kelebihan dari usaha keripik singkong :

  • Prospek usaha yang masih terbuka lebar dan menjanjikan
  • Cara pemasaran yang cukup mudah
  • Dapat dijalankan dengan modal yang kecil sekalipun
  • Cocok untuk kamu pebisnis pemula
  • Pengolahan yang tidak sulit
  • Dapat dijalankan dengan menggunakan peralatan dapur seadanya
  • Bahan baku yang mudah ditemukan dengan kualitas yang terbaik
  • Varian rasa yang beragam

 

Persiapan Memulai Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

usaha-keripik-singkong-aneka-rasa

1. Kenali Jenis-Jenis Singkong

Semua jenis singkong jika dilihat sekilas akan tampak sama. Tetapi faktanya ternyata ada banyak jenis singkong yang terdapat di pasaran. Untuk memulai usaha ini, kamu perlu mengenali jenis singkong yang cocok untuk dijadikan keripik.

2. Persiapan Produk

Supaya mampu bersaing, pastikan kamu mempersiapkan produk secara baik, salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan rasa yang akan ditawarkan.

Keripik singkong di pasaran kini bukan hanya hadir dengan rasa asin. Banyak pelaku usaha keripik singkong aneka rasa yang menuangkan ide-idenya untuk berinovasi pada rasa keripik singkong.

Sehingga hadir bermacam rasa seperti coklat, pedas, dan rasa manis lainnya. Perlu melakukan survei produk kompetitor dulu supaya kamu tahu jenis rasa apa yang perlu dipersiapkan. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menunjukkan dan membuat keunikan pada produk yang kamu miliki.

3. Persiapkan Kemasan

Dalam usaha cemilan, tentu kemasan menjadi suatu hal yang sangat powerfull. Pada konsumen cenderung akan tertarik terlebih dahulu dengan kemasan cemilan yang bagus dan menarik perhatian mereka. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menambah logo dari produk kamu.

4. Persiapan Modal

Sebelum menjalankan usaha tentu kamu perlu mempersiapkan modal untuk produksi. Usaha keripik singkong aneka rasa ini dapat kamu mulai hanya dengan modal yang kecil.

Perlu dilakukan perhitungan untuk mengetahui kebutuhan usaha yang akan kamu butuhkan, agar sesuai dengan modal yang kita punya.

 

Tips Sukses Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa

Untuk kamu pemula atau pun yang sudah menjalankan usaha keripik singkong, dan ingin sukses dalam bisnis tersebut, ada beberapa tips atau kiat sukses yang bisa kamu lakukan, berikut tipsnya :

  • Tawarkan banyak varian rasa yang menarik dan beragam, hal tersebut akan membuat konsumen mendapatkan banyak pilihan yang sesuai dengan selera mereka.
  • Promosikan bisnis secara gencar dengan melalui berbagai jalur.
  • Buatlah kemasan yang menarik dan unik, kamu bisa menggunakan jasa seseorang yang ahli dalam membuat desain dari kemasan yang berkarakter dan unik.
  • Tentukanlah target pasar keripik singkong kamu. Lalu sesuaikan dengan konsep jualan yang akan kamu jalankan.
  • Mencari reseller, dan bekerja sama dengan mereka, dengan tujuan untuk memperluas pemasaran produk.

Untuk memudahkan kamu dalam membuat keripik singkong, kamu bisa menggunakan mesin keripik singkong. Mesin tersebut berguna untuk membantu kamu dalam memotong singkong yang nantinya akan kamu jadikan cemilan keripik. Tentunya dengan mesin yang berkualitas terbaik, sehingga menghasilkan hasil yang baik pula.

Selain mesin keripik singkong, kamu juga bisa menggunakan mesin peniris minyak. Tentu singkong yang sudah kamu potong dan bumbui nantinya akan digoreng dengan minyak yang sangat banyak. Agar tidak terjadi penggumpalan minyak, yang mengakibatkan keripik tidak kriuk, kamu perlu menggunakan mesin ini.

Sampai sini dulu kiranya pembahasan kita tentang usaha keripik singkong aneka rasa. Semoga pembahasan diatas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kamu memulai usaha keripik singkong. Sampai jumpa di pembahasan artikel menarik lainnya!